Bumi Laskar Pelangi Akan Diramaikan Latian Puncak Koopsau I

Kanto Berita, Belitung – Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I) akan melaksanakan latihan puncak dengan sandi Jalak Sakti 2019 melibatkan sejumlah satuan jajarannya. Pada tahun 2019 ini akan dipusatkan di Bumi  Laskar Pelangi provinsi Bangka Belitung.

‎Latihan Jalak Sakti Koopsau I ini bertujuan menguji sejauh mana kemampuan alutsista dan awak pesawat dalam melaksanakan tugas operasi udara. Semua ini dalam rangka menegakkan dan mempertahankan kedaulatan negara di wilayah udara yang menjadi tanggung jawab Koopsau I.

“Latihan Jalak Sakti ini merupakan latihan rutin setiap tahunnya. Puncak latihannya berupa menuver lapangan yang kita selenggarakan di Air Weapon Range Buding (AWR), Lanud Haji Abdullah Sanusi Hanandjoeddin, Babel,” kata‎ Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau I Letkol Sus Filfadri Minggu (28/1/2019).

Filfadri menjelaskan, latihan ini akan melibat sejumlah Lanud di bawah jajaran Koopsau I dan sejumlah Skadron Udara yang mengawaki pesawat tempur, pesawat angkut maupun pesawat helikopter.

sebelum pelaksanaan manuver lapangan, para pelaku telah melaksanakan Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, puncaknya adalah manuver lapangan yang akan digelar pada hari kamis mendatang (2/5).

hari ini kita telah melaksanakan sejumlah pergeseran personel ke daerah latihan di Bangka belitung, dalam 2 hari kedepan kita akan menggelar seluruh peralatan dalam mendukung pelaksanaan latihan.

sejumlah pesawat yang dilibatkan dalam pelaksanaan latihan ini adalah pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 12, Kemudian sejumlah pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16, untuk jenis pesawat angkut dilibatkan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31, pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2, sementara untuk pesawat helikopter menggunakan helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8.

pelaksanaan latihan puncak koopsau I tahun 2019 ini juga bersamaan dengan latihan Wing I Paskhas yakni latihan Hardha Marutha dan latihan Gwa Wijaya, Satbravo 90 Paskhas

pada pelaksanaan manuver lapangan nantinya, masyarakat Bangka belitung dapat menyaksikan latihan ini secara langsung di AWR Buding, selain itu nanti malam kita juga akan menghibur masyarakat dengan penayangan film layar tancap di kecamatan Lampit,” tutup Filfadri. (Yun)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *