Tips Ramadhan: Menu Sehat Berbuka Puasa, Jangan Asal Manis!

Kantor Berita, JAKARTA – Setelahmenjalankanibadah puasa seharian tentu cairan tubuh banyak berkurang, nah untuk mengembalikannya lagi harus dengan menghidrasi kembali tubuh Anda.

Selain air, minuman sehat yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh saat berbuka adalah jus buah atau sayuran seperti apel, pisang, dan wortel.

Tidak hanya minuman, berbuka puasa juga harus dengan makanan yang sehat pula. Berikut panduan menu berbuka puasa nanti:

Menu sehat buka puasa

Makanan dan minuman manis memang dianjurkan saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa seharian, namun perlu diketahui menu manis yang kita pilih sebaiknya jangan asal manis saja.

Seperti yang biasa kita jumpai yakni kolak, es cendol, es sirop, dan es teh manis sebenarnya keliru. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa adalah Jus buah, Buah utuh, Jus sayuran, Kaldu sayuran, Yoghurt, Sayuran mentah, Biji-bijian dan kacang-kacangan matang, Telur, Susu, dan Daging.

Takjil buka puasa

Menurut pakar kesehatan, memilih takjil harus yang sehat seperti jus atau sari buah alami. Sari buah mengandung sedikit serat, ini bisa diserap dengan cepat dan tubuh akan kembali berenergi.

Selain sari buah, Anda bisa mengonsumsi buah kurma segar. Pilihlah kurma yang berkulit keras karena kadar seratnya masih tinggi.

Pilihan takjil lainnya seperti sop buah dengan pemanis madu, salad buah segar, dan agar-agar, ini akan menyegarkan sebelum menjalankan salat maghrib dan salat tarawih.

Makan berat buka puasa

Lauk sehat untuk berbuka puasa terdiri dari nutrisi yang cukup untuk berpuasa, seperti ayam panggang atau rebus, ikan bakar, tumis sayur, aneka sup, karedok atau pecel, daging bakar, dan nasi merah atau kentang. Menu makanan ini bisa menjadi pilihan, karena menu ini aman untuk pelaku diet yang sedang berpuasa. (Yun)

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *