IZI Paparkan Program Ekpedisi Ramadhan 1440H, Tersebar 3.560 Paket Untuk Wilayah 3T di Indonesia

Kantor Berita, JAKARTA  – Program Ekspedisi Ramadhan merupakan rangkaian kegiatan andalan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari program Booking Berkah Ramadan. Program Ekspedisi Ramadhan yang di gelar Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sampai hari kedelapan Ramadhan tahun ini pendistribusiannya telah mencapai 3.560 paket. IZI menargetkan 15 ribu paket Ramadhan akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Demikian diungkapkan Wildan Dewayana Direktur Utama IZI , kegiatan ini merupakan program utama 1ZI di bulan suci Ramadan.

“Tujuan dari program ini adalah untuk membantu mustahik, khususnya yang berada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), di 10 titik wilayah pelosok tersebar di Indonesia serta wilayah Jabodetabek, seperti Muara Gembong, Babelan, Bekasi Jawa Barat, serta Petir, Serang Banten”, Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, GM Pendayagunaan IZI, Haryono menambahkan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sendiri menargetkan distribusi 15 ribu paket Ramadhan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Sejauh ini, IZI telah menyebar 3.560 paket hingga memasuki hari kedelapan Ramadhan tahun ini. Sebanyak 1.050 paket di antaranya disebarkan ke daerah 3T. Khusus untuk daerah 3T, IZI menargetkan distribusi 1.500 paket Ramadhan.

“Mungkin sembilan wilayah 3T ada di Indonesia dan satu wilayah di luar negeri yaitu Timor Leste. Laporan di hari kedelapan Ramadhan ini, sudah bagikan 3.560 paket tersalurkan ke seluruh Indonesia. Ramadhan ini kita punya target 15 ribu paket,” ujar GM Pendayagunaan IZI, Haryono, dalam paparan Ekpedisi IZI Ramadhan 1440 Hijriah di Condet Festival Resto, Jakarta Timur, Selasa (14/5).

Sejak H-7 datangnya bulan suci Ramadan, Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI), sudah mulai mendistribusikan Paket Ramadan ke 10 wilayah 3T yang telah dipilih IZI. 10 wilayah 3T tersebut yaitu, Sambas (Kalimantan Barat), Singkawang (Kalimantan Baral), Rote Ndao (NTT), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Seluma (Bengkulu), Sorong (Papua Barat), Sebatik Nunukan (Kalimantan Utara), Pulau Seram (Maluku), Karo Sinabung (Sumatera Utara), dan Dili (Timor Leste). Pelaksanaanya ditaxgetkan sampai dengan penengahan Ramadan. Saat ini, sudah tersalurkan 3.560 Paket Ramadan di sejumlah wilayah nasional yang direncanakan.

Mulai Ramadhan tahun ini, tutur Haryono, IZI ingin meningkatkan kaapsitas distribusi bantuan di wilayah pelosok, alih-alih perkotaan. Bahkan, IZI mengajak para donatur untuk ikut terjun ke lapangan dalam membagi-bagikan paket Ramadhan.

“Agenda Ekspedisi Ramadhan ini mengajak donatur untuk mengajak dan bisa merasakan langsung bagaimana tim ekspedisi menyalurkan bantuan, karena tiap daerah memiliki tantangan tersendiri. Alhamdulillah kemarin donatur ada yang ikut menyalurkan,” papar Haryono.

Sementara itu, Ketua Program Ramadhan IZI Deddy Fenalosa mengungkapkan rangkaian acara Ekspedisi Ramadhan ini sudah memasuki tahun kedua. Dia mengaku, sejauh ini respons masyarakat cukup baik.

“Dan alhamdulillah para donatur kami selama ini ikut membagikan di kota-kota, tapi kita bagikan juga di desa 3T ini. Alhamdulillah sejak April sudah kampanyekan di 16 kantor perwakilan IZI. Seluruh sales kita ada 70 orang, dan relawan-relawan juga sekitar 213 orang,” jelas Deddy. (Yun)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *