Menuju Indonesia Maju, SMK Spes Patriae Wujudkan SDM yang Berkualitas

Kantorberita.co.id – JAKARTA. Sebagai tanggal yang ditetapkan menjadi hari kemerdekaan dan hari ulang tahun Republik Indonesia, maka setiap tanggal 17 Agustus, upacara bendera merupakan agenda penting dan wajib, bagi seluruh bangsa Indonesia, mulai dari Istana Merdeka, kantor-kantor pemerintahan atau swasta, sekolah, hingga kelompok masyarakat tertentu

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Spes Patriae, dalam menyambut HUT RI yang ke 74, juga ikut menggelar upacara bendera dan mengadakan berbagai perlombaan 17 Agustusan yang meriah.

Kemerdekaan yang telah direbut 74 tahun yang lalu bukanlah akhir dari perjuangan, namun lebih dari itu HUT RI harus dimaknai sebagai moment pemersatu bangsa dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut, salah satunya adalah menjaga nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam dari sabang sampai merauke.

Demikian dikatakan Ketua Yayasan Pendidikan Santo Lukas Penginjil, Andrew Sutedja, SH, LLM, M.CIArb, dalam sambutannya saat bertindak selaku pembina upacara, yang dilaksanakan di halaman sekolah SMK Spes Patriae, Jalan Ancol Selatan ll No 1 Sunter Agung, Jakarta Utara, Sabtu (17/8).

“Kemerdekaan yang didapatkan harus membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara ini. Kita bersyukur masih berkesempatan melaksanakan upacara bendera di HUT RI ke 74, yang berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” tuturnya.

Dia juga menghimbau, untuk turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, merawat serta menghormati kebhinekaan yang ada, menanamkan jiwa-jiwa yang tertuang dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, juga harus selalu meningkatkan solidaritas dan sinergitas antara teman dan guru.

“Kita tanamkan semangat Nasionalisme dalam diri, dengan meningkatkan kualitas ilmu dan kedisiplinan kita, sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menuju Indonesia Maju, sesuai dengan tagline pemerintah saat ini, yakni SDM Unggul, Indonesia Maju”,  ungkap Andrew Sutedja.

Pelaksanaan upacara di SMK Spes Patriae tahun ini terlihat berbeda, karena peserta pengurus Yayasan dan para guru mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Kepala sekolah SMK Spes Patriae, Maria Goretti Mulatti, S Pd, MM ketika dikonfirmasi tentang hal tersebut mengatakan, konsep menggunakan pakaian adat dalam memperingati HUT ke 744 RI kali ini, adalah untuk menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang beragam, dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, merupakan simbol untuk merekatkan persatuan bangsa.

“Keberagaman itu bisa dilihat dari suku, bahasa hingga pakaian adat yang beraneka ragam”, ujar Maria, yang mengemban tugas sebagai kepala sekolah sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini.

Menurut Maria semangat nasionalisme saat ini, juga menjadi momentum untuk meningkatkan dan melaksanakan gerakan pembangunan sumber daya manusia (SDM), dengan meningkatkan kualitas pendidikan, kedisiplinan dan skill untuk masa depan.
“Kami berharap, siswa siswi sebagai generasi muda Indonesia, bisa  semakin baik, semakin berkualitas dan juga semakin unggul, karena dengan SDM yang berkualitas, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi jaya di negeri sendiri, tapi juga berkiprah secara global di skala internasional, intinya adalah SDM unggul, Indonesia Maju,” tuturnya.

SMK Spes Patrie berdiri sejak tahun 1989 dan berkembang secara signifikan hingga saat ini, dengan kualifikasi guru Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2). Jurusan Akuntansi di SMK Spes Patriae tersebut, telah banyak meluluskan siswa siswi berprestasi yang langsung bekerja, karena usai Ujian Nasional/UNBK para siswa bisa berkompetesi mendapatkan peluang kerja melalui Job Fair yang diselenggarakan pihak sekolah. Untuk menunjang kompetensi siswa, SMK Spes Patriae menjalin kemitraan dengan beragam perusahaan swasta maupun BUMN.

Saat ini, kedisiplinan juga lebih ditingkatkan dengan menggunakan finger absen. Berbagai eskul seperti multimedia, seni tari,cheer leader, Pramuka dan paduan suara yang terbilang aktif, juga dengan mudah telah m mengantarkan mereka memenangkan berbagai ajang kompetisi yang tak diragukan lagi. BT/Ire Jafar

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *