LKPNI Selenggarakan Bimtek khusus Percepatan Penataan Kewenangan Desa Bagi Pemerintah Desa Se-Kabupaten Manokwari Selatan

Kantorberita.co.id-Jakarta. Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independen, LKPNI menyelenggarakan Bimbingan teknis (Bimtek) khusus Percepatan Penataan Kewenangan Desa Bagi Aparatur Daerah Dan Pemerintah Desa Se-Kabupaten Manokwari Selatan Di Hotel The Media Sheraton yang diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 30 Agustus 2019.

Acara ini diikuti oleh 270 orang peserta yang merupakan represntative 55 Desa dari 6 distrik yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Seluruh kepala desa beserta perangkat desa dan juga tetua adat serta didampingi oleh aparatur Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Manokwari Selatan, mengikuti kegiatan bimbingan teknis khusus ini secara khidmat dan lancar, meski situasi di tanah Papua masih belum kondusif.

Dengan membangun desa melalui Bimtek Khusus Penataan kewenangan Desa Ini, adalah bukti kecintaan mereka, terhadap tanah kelahiran mereka sekaligus ikatan kesetiaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sudah 10 tahun LKPNI ini berdiri dan memiliki sertifikasi dari pemerintah sebagai lembaga yang berkompeten menyelenggarakan Bimtek-bimtek sejenis Ini untuk ASN maupun untuk perangkat Desa. Sehingga LKPNI sudah teruji secara materiil dalam mengupgrade dan meningkatkan kualitas dan kapasitas aparatur Negara sampai ketingkat Pemerintahan yang paling dasar, yakni perangkat Desa,” ujar Julia Putri Noor direktur Eksekutif LKPNI kepada kantorberita.co.id disela-sela kegiatan.

Adalah Pit mandacan, Kadis PMK, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Menilai kegiatan ini memiliki urgensitas yang tinggi untuk dihadiri oleh para kepala desa dan para perangkat desa dari kabupaten Manokwari Selatan. Pasalnya selama ini masih banyak tumpang-tindih kewenangan dalam konteks pemahaman dari para Penyelenggara pemerintahan Desa.

“Kami berterima kasih kepada LPKNI dan para Nara sumber dari Kementerian Dalam Negri yang sudah memberikan bimbingan kepada para kepala desa dan perangkatnya dari Kabupaten Manokwari Selatan, karena selama ini masih banyak kesalah-pahaman tentang tugas peran dan fungsi ASN khususnya mana kewenangan Desa dan mana kewenangan Pemerintah Kabupaten dalam konteks mengoptimalkan dan menggunakan dana desa. Sehingga acara ini menjadi sebuah media untuk membangun kesadaran dan mengupgrade kapasitas para perangkat desa di Kabupaten Manokwari Selatan, ” ucapnya. (aka)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *