Dinas Pariwisata Gandeng Astrabi Menampilkan Pagelaran Seni Dan Budaya Di Halaman Balaikota DKI Jakarta

Kantorberita.co.id , Jakarta –  Balaikota malam itu terlihat meriah dengan digelarnya Acara Pagelaran Seni dan Budaya Betawi di halaman Balaikota DKI Jakarta,  Jumat, (18/10).

Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, acara ini perdana dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata bersama Pemda DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan ingin agar kantor Balaikota DKI Jakarta selain sebgai pusat kegiatan kantor administrasi DKI Jakarta, juga dijadikan tempat berkumpul untuk kegiatan seni dan budaya warga DKI Jakarta”,  katanya kepada awak media saat ditemui di Balaikota.

Menurut Gumilar,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Balaikota dapat digunakan kegiatan-kegiatan remaja atau komunitas budaya, berhubung warga DKI Jakarta itu berasal dari berbagai daerah, maka boleh saja kebudayaan daerah lain juga melaksanakan gelar budayanya tetapi dengan catatan harus tetap berkolaborasi dengan budaya Betawi, agar Seni dan Budaya Indonesia utamanya Betawi  tetap dilestarikan.

Malam ini adalah malam perdana pagelaran seni dan budaya Betawi tapi tidak menutup kemungkinan budaya lain digelar di tenoat ini. Pagelaran ini diisi oleh Asosiasi Tradisi Silat Betawi Indonesia (Astrabi) dibawah pimpinan Bang Anwar Albadawi. Semoga dengan adanya Pagelaran seperti ini, dapat membangkitkan para komunitas budaya di Jakarta, untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan mereka masing-masing, ujar Gumilar.

Ketua Astrabi Anwar Al Batawi menambahkan, “kami berharap diberi ruang agar kami bisa di berekspresi lebih jauh karena kenapa yang kami lakukan tidak hanya untuk DKI tetapi ASTRABI sudah mencapai tingkatn Internasional dan tentunya membawa nama Indonesia dan kami berharap ada sedikit bimbingan buat kami agar kami tetap bisa bertahan dan bisa berbuat untuk DKI Jakarta dan betawi,”harap ketua Astrabi

“Perguruan Silat yang ada di bawah Astrabi ada tiga belas wilayah di Jabodetabek, selain itu juga Riau, Lampung, Karawang, Malang dan juga madiun,  saya bersyukur Betawi bisa memberi warna kepada silat nasional,” ujar Anwar Al Batawi

”Saya berharap karena keberadaan kami sesuai dengan Betawi yaitu Asosiasi Silat Tradisi Betawi , kami berharap dapat menjadi bagian yang terus di perhatikan oleh pemerintah propinsi DKI baik dari dinas pariwisata dan budaya maupun oleh dinas pemuda dan olah raga dan saya berharap juga karena di ASTRABI tidak hanya berfikir bagaimana kita mengolah silat tapi juga industri kecil saya berharap dinas perindustri juga mulai melirik kami bahwa apa yang kami lalukan adalah bagaimana silat dan seni menjadi industri baru dijakarta dan juga saya meminta kepada bapak Gubernur DKI untuk segera membuat Pergub yang kaitaannya dengan silat dan bisa menjadi muatan lokal di sekolah – sekolah karena ini penting untuk jatidiri Jakarta dan Betawi,”pungkas Anwar Al Batawi

“Kami sangat memperhatikan dan peduli terhadap para komunitas seni dan budaya yang berada di Jakarta. Sebab itu, pergunakan fasilitas ini dengan baik. Memang kami baru memberikan kesempatan kepada para komunitas seni dan budaya hanya satu kali dalam sebulan yaitu pada akhir pekan minggu ke-3, atau disesuaikan schedule para komintas yang ingin mengadakan Pagelaran Seni dan Budaya. Terkait dengan anggaran, semua kerjsama dengan komunitas,” urainya

“Insya Allah, saya selaku Ketua Umum Astrabi akan terus mengembangkan dan melebarkan Astrabi ini ke seluruh Indonesia, dengan tujuan agar seni dan budaya Betawi semakin terkenal di pelosok Nusantara,” pungkasnya.

Mudah-mudahan dengan adanya Pergub ini, seni silat dapat memasuki sekolah-sekolah sebagai kurikulum tambahan sekolahan. Selain tampil dengan silat juga dapat menjaga para muridnya dari bahaya. Sekarang kan sedang ramai-ramainya para penjahat merajalela di Jakarta seperti penjambretan, penculikan, perampokan, dan lain-lain. Nah, untuk melawan itu semua tidak ada salahnya para murid dibekali bela diri khususnya silat Betawi, ujar Anwar mengakhiri wawancara.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *