Jelang Hut Ke – 69, Ditpolair Korpolairud Gandeng doctorSHARE Gelar Pengobatan Gratis dan Khitanan di Kampung Si Pitung

Kantorberita.co.id – JAkARTA. Direktorat Kepolisian Korpolairud Baharkam Polri menggelar kegiatan Pengobatan Umum Gratis dan Khitanan dalam rangka menyambut HUT Korps Polairud ke – 69 yang jatuh pada 1 Desember 2019 dan berlangsung di Kampung Si Pitung Marunda Jakarta Utara, Selasa (19/11).

Pengobatan umum gratis dan khitanan kali ini adalah merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang ketiga dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Korpolairud tahun ini setelah sebelumnya menggelar kegiatan bhakti religi dan donor darah. Ditpolair Korpolairud dalam kegiatan kali ini turut mengajak serta unsur dari Ditpolairud Polda Metro Jaya dan menggandeng Yayasan Dokter Peduli doctorSHARE Indonesia.

Sebanyak 8 dokter dan 9 assisten dokter dari Yayasan Dokter Peduli doctorSHARE, sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan diri pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan yang sudah sangat terkenal di Indonesia ini diterjunkan menangani sebanyak kurang lebih 300 orang warga pesisir Marunda berobat dan mengkhitan sebanyak 20 anak.

Turut mendukung kegiatan ini unsur dari Seksi Kesehatan dan Jasmani Korpolairud dan Ditpolairud Polda Metro Jaya serta personel kapal – kapal BKO Polda Metro Jaya antara lain KP. Kolibri – 4015, KP. Pelatuk – 3013, KP. Elang Laut – 2003, KPC – 2004 dan KP. SBU – 017.

“Kami mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan pengobatan ini bisa meringankan beban masyarakat, khususnya saya. Bayangkan kalau berobat dan bawa anak sunat (khitan) tentu butuh biaya, untunglah ada pengobatan dan sunatan gratis dari Polairud ini, jadi dengan adanya kegiatan ini pastilah warga sangat terbantu”, kata Amirullah.

Sementara M. Alwi staf Kelurahan Marunda, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan di wilayahnya. Aktivitas dari Kepolisian Perairan ini menurutnya sangat mensupport kegiatan dari Pemerintah khususnya kesehatan warga.

“Alhamdulillah dengan kegiatan ini sangat banyak membantu kami di Kelurahan ini, terutama kesehatan warga sehingga ini bisa dinikmati langsung oleh masyarakat,” katanya.

Di lain pihak, Sisca, A. Md. Kep selaku koordinator dari Yayasan Dokter Peduli doctorSHARE Indonesia mengatakan bahwa pihaknya cukup senang melihat antusiasme warga masyarakat dalam berobat.

“Kami senang mensupport kegiatan dalam rangka HUT Polairud kali ini, karena kebetulan juga Yayasan kami doctorSHARE juga sedang berulang tahun yang ke – 10. Jadi menurut saya ini moment yang sangat luar biasa bisa bekerjasama dengan pihak Kepolisan di hari yang spesial. Mudah – mudahan apa yang dapat kami berikan kali ini bisa bermanfaat dalam menjadikan Indonesia SEHAT”, ujarnya.

Sementara itu Wadir Polair Polda Metro Jaya AKBP. Bhakti Suhendrawan, S.IK, MTCP, CFE, CFrA, CHFI yang hadir dan sekaligus membuka acara mengatakan bahwa kegiatan sosial ini sangat luar biasa, karena didukung oleh dokter – dokter profesional dari Yayasan Dokter Peduli doctorSHARE Indonesia.

“Saya melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi. Hal ini terlihat sejak dibuka tadi pagi ratusan warga sudah nampak berbondong-bondong datang ke Rumah Si Pitung ini”, tuturnya

“Melalui kegiatan sosial pengobatan gratis dan Khitanan ini, kita semua berharap semoga bisa bermanfaat membantu warga di wilayah Pesisir Marunda ini”, katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Dirpolair Korpolairud Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. mengatakan bahwa kegiatan pengobatan umum gratis dan khitanan kali ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan kali ketiga yang digelar Kesatuannya dalam rangka rangkaian kegiatan HUT ke – 69 Polairud tahun ini. Sebelumnya pihaknya telah menggelar kegiatan bhakti religi pembersihan rumah ibadah Masjid, Gereja dan Pura di 3 lokasi berbeda dan kegiatan donor darah.

“Bersama doctorSHARE, ini merupakan strategi khusus kita dan telah sukses melayani warga semua kelompok umur, mulai dari balita hingga warga lanjut usia dengan target tercapai 300 orang pasien dan khitanan 20 anak tadi”, ucapnya.

Lebih lanjut Dirpolair mengatakan bahwa Pengobatan umum gratis dan khitanan itu merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir perairan, khususnya Kampung Marunda. Menurutnya ke depan akan dibuat MOU dengan beberapa organisasi sosial kemanusiaan dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pulau – pulau terpencil dan terluar Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk bhakti sosial Kepolisian Perairan dan Pembinaan Masyarakat Pesisir (Binmas Perairan) yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pesisir. Moment HUT Polairud ini kita akan terus galakkan kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia guna mendukung Visi dan Misi Polri dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat”, lanjutnya.

Dirpolair mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya yang telah sukses menggelar Pengobatan Gratis dan Khitanan, kepada pihak doctorSHARE Indonesia yang telah mensupport maksimal serta seluruh pihak yang turut membantu kelancaran dan suksesnya kegiatan ini. Buter

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *