Sat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Laksanakan Kamseltibcarlantas dengan 5S

Kantorberita.co.id – JAKARTA. Untuk Meningkatkan Patroli Kewilayahan dan mengantisipasi gangguan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Sat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok rutin melakukan operasi dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Darno, S.H. M.M., bersama anggota menggunakan Mobil dinas operasional Sat Lantas melaksanakan gatur lalin protap pagi hari di samudera 7/Pos IX guna melayani dan membantu kelancaran karyawan/karyawati dan pengguna jalan lainnya yang akan keluar masuk kawasan Jict-1, Pos IX Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (31/01).

“Pengaturan lalu lintas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok, tidak hanya itu, ini dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujar AKP Darno.

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat pengguna jalan patuh dan taat aturan berlalu lintas,” pesan AKP Darno saat melaksanakan kegiatan gatur lalin di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Di tempat terpisah, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung, S.E., S.I.K., M.Si., M.H. menjelaskan bahwa anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pelabuhan Tanjung Priok rutin melaksanakan Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) lalu lintas guna memberikan pelayanan maksimal dan merubah mindset (pola pikir) masyarakat akan ketertiban lalu lintas dan memerintahkan seluruh anggota Satlantas beserta jajaran untuk menerapkan 5S dalam menjalankan tugas di lapangan

“5S itu adalah senyum, sapa, salam, sopan dan santun. Jadi 5S ini harus dilaksanakan anggota Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok beserta jajaran sehingga tercipta keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas),” ujar AKBP Dr. Reynold.

Kapolres AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung menjelaskan, 5S ini merupakan wujud pelayanan prima Polri khususnya Polres Pelabuhan Tanjung Priok terhadap masyarakat sebagai pengayom masyarakat.

Alumnus Akpol 2000 ini juga meminta seluruh anggota untuk mengedepankan pendekatan humanis, sehingga sosialisasi tertib lalu lintas kepada masyarakat akan lebih mudah dipahami dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

“Berbekal pendekatan 5S atau humanis ini, pengendara bisa memahami tata tertib lalu lintas. Dan juga turut dalam upaya menciptakan kamsetlibcarlantas,” ujarnya.

Selain itu, sambung AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung, S.E., S.I.K., M.Si., M.H., 5S ini juga dilakukan saat penindakan. Jadi petugas di lapangan akan menjelaskan secara rinci poin-poin apa saja yang dilanggar oleh si pengendara serta menjelaskan Pasal apa saja yang telah dilanggar dan menjelasan kesalahan apa saja yang dilakukan oleh pengendara (pelanggar), akan dilakukan anggota dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun,” terangnya.

“Kami juga mengapresiasi tingkat kesadaran warga di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok dalam berlalulintas. “Pelabuhan Tanjung Priok ini lalu lintasnya bisa dikatakan, kesadaran masyarakatnya sudah bagus dan sudah tertib,” tuturnya. Butet

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *